Kenali 6 Jenis Iklan ini, Sebelum Pahami Cara Buat Iklan di Youtube!

cara buat iklan di youtube dan jenis iklan di youtube

Cara buat iklan di Youtube gimana sih?

Gak bisa dipungkiri, di zaman sekarang YouTube gak hanya menjadi tren sumber informasi yang selalu dicari banyak orang. Saat ini pun YouTube sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama bagi mereka pembuat konten.

cara buat iklan di youtube dan jenis iklan di youtube

Yups, para konten kreator video nggak pernah berhenti untuk membuat dan menyajikan video-video baru. Video tersebut yang nantinya bisa kamu nikmatin. Kalau banyak yang suka, maka pundi-pundi penghasilan juga akan datang. Pundi-pundi tersebut berasal dari iklan yang ada di video.

Memang para pembuat konten mendapatkan penghasilan dari YouTube melalui iklan-iklan. Lantas, kamu pun yang sudah mulai merintis dan sudah mendaftar Google Adsense YouTube pun bisa langsung membuat iklan. 

Tapi nih, sebelum kamu menuju ke cara buat iklan di YouTube, ada baiknya kamu pahami dulu dan kenali 6 jenis iklan di YouTube sebagai berikut. 

1. Display Ads

cara buat iklan di youtube display ads (1)

Sesuai dengan namanya, Display Ads merupakan iklan yang menampilkan tampilan banner dengan bentuk bergambar. Ukuran untuk Display Ads ini adalah 300×250 maupun 300×60 pixel. 

Biasanya iklan dalam format Display Ads akan muncul di sebelah kanan video. Dan hanya akan muncul kalau menonton video menggunakan platform PC maupun Laptop. Kalau iklan ini diklik oleh pengunjung, maka si pembuat konten video akan mendapat bayaran per-klik.

2. Non-Skippable Video Ads

cara buat iklan di youtube non skipable video

Bagi pengunjung, iklan yang satu ini memang agak menyebalkan. Soalnya, iklan ini gak bisa di-skip, karena akan hilang otomatis kalau waktu tayang iklannya sudah habis. Iklan jenis ini, biasanya ditempatkan pada bagian awal, tengah, maupun bisa ditempatkan pada bagian akhir video.

Biasanya lama durasi iklan Non-Skippable Video Ads adalah berkisar 15 hingga 20 detik. Memang, sekilas iklan yang satu ini menggiurkan karena pembuat konten akan mendapat bayaran setelah iklan ditonton. Namun, terkadang ada pengunjung yang jengah dengan iklan yang satu ini, sehingga gak jadi untuk menonton video.

Jadi bagi kamu yang ingin memasang iklan ini, perlu diperhatikan dan usahakan seperlunya dan gak berlebihan, disesuaikan dengan panjang video konten kamu. 

3. Skippable Video Ads

cara buat iklan di youtube skipable video ads

Para pembuat konten video, akan mendapat bayaran jika pengunjung menonton iklan sampai selesai atau 30 detik, tergantung kesepakatan. Namun, biasanya pengunjung akan langsung melewati iklan ini setelah tampilan lewati iklan bisa diklik. Meski begitu, iklan Skippable Video Ads masih populer dan banyak dipakai oleh pembuat konten. 

4. Bumper Ads

bumper ads

Jenis iklan yang satu ini, mirip dengan jenis iklan Non-Skippable Video Ads. Yang membedakan adalah lama durasinya. Bumper Ads memiliki jumlah durasi yang lebih sedikit, yaitu hanya berkisar 6 detik saja. Sementara pembuat konten akan mendapat bayaran jika pengunjung menonton iklan hingga selesai. 

5. Overlay Ads

overlays ads

Kalau iklan ini merupakan iklan semi transparan yang muncul sekitar 20% pada bagian bawah video kamu. Biasanya berukuran 468×60 maupun 728×90. Penggunaan jenis iklan ini hanya ditemui pada Desktop saja. 

6. Sponsored Cards

sponsored cards

Jenis iklan yang satu ini, akan menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan video kamu, seperti produk-produk yang terkait maupun jasa-jasa lainnya. Ukuran iklan ini menyesuaikan dan variatif serta digunakan pada Desktop maupun mobile

Gimana, sampai sini kamu sudah paham mengenai jenis iklan yang ada di YouTube? Jadi pilih dan sesuaikan jenis iklan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya jangan memasang iklan yang berlebihan juga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *