Cara Mendapat Penghasilan dari Youtube untuk Pemula

cara mendapat penghasilan dari youtube untuk pemula

cara mendapat penghasilan dari youtube untuk pemula

Bagi seorang Youtuber, konten video yang diunggah lewat channel miliknya merupakan hal yang perlu dipikirkan matang-matang. Hal ini juga menjadi penting kala uang menjadi salah satu faktor di balik pembuatan video tersebut. Ada hal-hal yang perlu dipikirkan agar dapat menarik minat banyak pengguna Youtube sehingga channel yang dimiliki bisa menarik banyak profit. Berikut cara mendapat penghasilan dari Youtube yang perlu kamu ketahui, khususnya jika kamu seorang pemula di platform Youtube.

Memulai dengan Tema atau Niche yang Cocok

Sebelum memikirkan bagaimana caranya bisa mendapat penghasilan dari Youtube, kamu perlu tahu dulu konten apa yang akan jadi fokusmu ke depannya. Tak sedikit pengguna Youtube yang menekan tombol subscribe berawal dari ketertarikan mereka pada satu video yang muncul secara random di beranda maupun rekomendasi video. 

Setelah terpikat dengan satu video tersebut, mereka bakal mencari tahu siapa pemilik video. Akhirnya beberapa video akan mereka tonton, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikutinya. 

Tak peduli besar atau kecil jumlah subscriber-nya, bila seorang Youtuber terbilang ahli di niche yang dibawakannya, penonton pun tak akan perlu berpikir panjang untuk segera mengklik tombol subscribe dan mengikuti perkembangan channel Youtuber yang baru disukainya tersebut.

Tips menarik untukmu yang bingung memilih tema yang “menjual” di pasar Youtube adalah dengan menyimak beberapa Youtuber terkenal. Umumnya mereka membawakan niche general. Hal ini menjadi rintangan karena akan ada banyak Youtuber yang mengikuti. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memilah niche yang masih punya peluang untuk mengembangkan konten yang segar. Jangan lupakan juga seberapa besarnya kamu menguasai topik dan apakah itu sudah menjadi passion-mu. Jika tidak, akan sangat sulit untuk tetap menjalankan channel Youtube-mu.

Membuat Channel Youtube

Setelah memikirkan dalam-dalam niche apa yang cocok untuk channel-mu, sekarang waktu yang tepat untuk merealisasikannya. 

  1. Tahap pertama adalah membuat akun Youtube. Kamu bisa langsung menggunakan akun Gmail yang sudah kamu miliki. 
  2. Masuk ke akun Youtube, langsung klik foto profil, lalu klik buat channel.
  3. Klik tombol pilih di bagian “gunakan nama Anda”.
  4. Isi daftar lengkap profilmu agar penonton mengetahui siapa dan apa yang dibuat oleh channel milikmu.
  5. Sekarang kamu sudah bisa mengunggah video dan mengelola channel Youtube-mu.

Menarik Jumlah Target untuk Monetasi Youtube

Setelah membuat channel, langkah yang harus kamu tempuh pada tahap ini adalah terus membuat konten dan menjaga konsistensi channel-mu, paling minim satu video per minggu. Karena sebelumnya kamu sudah merencanakan betul apa strategi konten yang mau dijalankan, fokusmu sekarang adalah ikut Program Partner Youtube. Program ini menawarkan berbagai cara untuk menghasilkan uang dari Youtube, mulai dari mengaktifkan fitur iklan hingga membuat pengguna lainnya langganan channel milikmu.

Untuk bisa menikmati program ini, kamu harus mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 jam tonton dalam 12 bulan terakhir. 

Konsisten Mengunggah Video

Baik itu sebelum atau setelah kamu mencapai syarat monetisasi channel Youtube seperti yang disebutkan di atas, sudah menjadi sebuah keharusan untuk menjaga channel-mu tetap hidup dengan mengunggah video secara rutin. Memang, Youtube merupakan moda profit yang bagus bila kamu sudah lancar menggunakannya. Namun, bila kamu tak rajin menjaga kekonsistenan usahamu, bukan tak mungkin pihak Youtube akan mencabutmu dari programnya.

Cari Cara Berpenghasilan dari Youtube Lainnya

Setelah kamu memiliki basis pengikut yang menyukai niche yang kamu buat, sekarang waktunya kamu mencoba cara menarik penghasilan lainnya dari Youtube. 

Cara paling praktis adalah affliate marketing yang mana kamu hanya perlu menyelipkan promosi suatu produk di videomu dan menaruh link khusus yang terhubung ke tempat membelinya. Komisi akan kamu dapatkan bila ada yang melakukan pembelian. 

Ada banyak lagi cara lainnya, seperti kerja sama dengan brand dan crowdfunding. Kamu bisa memaksimalkan potensi Youtube di luar seperti halnya kamu memaksimalkannya dari dalam melalui fitur program partner.

Itu dia cara mendapat penghasilan dari youtube untuk pemula. Guna meraih penghasilan, apalagi meningkatkannya, membutuhkan usaha ekstra dari perancangan tema channel hingga eksekusi unggahan video yang konsisten. 

Memahami betul cara “memainkan” channel di Youtube adalah mutlak agar bisa menarik profit yang stabil. Tak harus Youtuber lama yang bisa melakukan hal tersebut, pemula pun punya kemungkinan yang sama besarnya untuk mewujudkan hal itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *